PANDUAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UNIMAL



PANDUAN
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
(Entrepreneur Student Program)


























UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
LHOKSEUMAWE
2011




            Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dikembangkan oleh Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional sebagai kebijakan dan program penguatan kelembagaan dalam rangka mendorong peningkatan aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

            PMW Universitas Malikussaleh 2011 merupakan sebagian dari strategi Universitas Malikussaleh untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk memulai berwirausaha dan mampu menjadi wirausaha yang berpendidikan tinggi dan berbudaya.

            Panduan ini disusun untuk memberikan informasi kepada mahasiswa tentang pelaksanaan PMW di Universitas Malikussaleh. Di dalamnya termuat informasi yang secara garis besar dibagi ke dalam dua bagian, yaitu 1) Teknis Pelaksanaan PMW dan Rencana Jadwal Kegiatan, dan 2) Format Usulan Rencana Bisnis.

Harapan kami kiranya Panduan ini dapat memberikan kemudahkan bagi para mahasiswa untuk memahami pelaksanaan PMW 2011 di Universitas Malikussaleh dan dapat berpartisipasi aktif demi tercapainya tujuan kegiatan tersebut.


                                                                                    Lhokseumawe, Juli 2011
Mengetahui,                                                   
Pembantu Rektor III              

Ttd     

Dahlan A. Rahman  
NIP.196812312002121010




1.1       Latar Belakang

Hasil survai Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Maret 2006 menyebutkan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia bulan Maret 2006 sebanyak 39,05 juta atau 17,75% dari total 222 juta penduduk. Penduduk miskin bertambah 4 juta orang dibanding yang tercatat pada Februari 2005. Angka pengangguran berada pada kisaran 10,8% sampai 11% dari tenaga kerja yang masuk kategori sebagai pengangguran terbuka, bahkan mereka yang lulus perguruan tinggi semakin sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak banyak terjadi ekspansi kegiatan usaha. Dalam keadaan seperti ini maka masalah pengangguran termasuk yang berpendidikan tinggi akan berdampak negatif terhadap stabilitas sosial dan kemasyarakatan.

            Kondisi tersebut di atas di dukung oleh kenyataan bahwa sebagian besar lulusan perguruan tinggi adalah lebih sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan kerja (job creator). Hal ini bisa disebabkan karena sistem pembelajaran yang diterapkan diberbagai perguruan tinggi saat ini lebih terfokus pada bagaimana menyiapkan para mahasiswa yang cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan, bukannya lulusan yang siap menciptakan pekerjaan. Di samping itu, aktivitas kewirausahaan (entrepreneurial activiy) relatif masih rendah.

            Untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan aktivitas kewirausahaan agar para lulusan perguruan tinggi lebih menjadi pencipta lapangan kerja daripada pencari kerja, maka diperlukan suatu usaha nyata. Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan berbagai kebijakan dan program mendukung terciptanya lulusan perguruan tinggi yang lebih siap bekerja dan menciptakan pekerjaan. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Cooperative Education (Co-op) telah banyak menghasilkan alumni yang terbukti lebih kompetitif di dunia kerja dan hasil karya inovasi mahasiswa melalui PKM potensial untuk ditindaklanjuti secara komersial menjadi sebuah embrio bisnis berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Kebijakan dan program penguatan kelembagaan yang mendorong peningkatan aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru dengan berbasis IPTEKS sangat diperlukan.

            Dengan latar belakang tersebut di atas, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi mengembangkan sebuah Program Mahasiswa Wirausaha (Student Entrepreneur Program) yang merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya (PKM, Coop, KKU) untuk menjembatani para mahasiswa memasuki dunia bisnis riil melalui fasilitas start-up business. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sebagai bagian dari strategi pendidikan di perguruan tinggi, dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk mulai berwirausaha dengan berbasis IPTEKS yang sedang dipelajarinya.

            Universitas Malikussaleh berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat Aceh yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan memiliki kebudayaan yang unik. Keunikan tersebut ditandai dengan kekhasan, keberagaman, dan kedinamisan yang melandasi kehidupan sehari-hari. Diberikannya izin untuk menerapkan syariat islam sebagai aturan hidup yang legal menyebabkan perkembangan budaya yang khas dan berbeda dengan daerah lain di Indonesia. Masyarakat Aceh akan dengan cepat menolak segala aktivitas usaha yang tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial dan budaya dan agama Islam. Karena itu, memberi perhatian pada  kearifan lokal sangat penting dalam membentuk wirausaha muda, selain berpendidikan tinggi, tetapi juga berbudaya.

            Dalam kegiatan PMW di Universitas Malikussaleh, fasilitas yang diberikan kepada peserta meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan usaha. Program ini diharapkan mampu mendukung visi dan misi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM).

1.2       Tujuan

Tujuan PMW adalah:
1.      Menumbuhkan motivasi dan sikap mental kewirausahaan di kalangan mahasiswa sehingga terbentuk wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi
2.      Mendorong terbentuknya model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi
3.      Mendorong pertumbuhan dan perkembangan kelembagaan pengelola kewirausahaan mahasiswa di perguruan tinggi
4.      Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis IPTEKS.
5.      Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dengan pengusaha yang sudah mapan.

1.3       Manfaat

  1. Bagi mahasiswa
Kesempatan mengasah jiwa Kewirausahaan,  meningkatkan soft skill dengan terlibat langsung dalam dunia kerja, meningkatkan keberanian memulai usaha, mendapat dukungan modal dan pendampingan secara terpadu.
  1. Bagi UKM
Mendapatkan tenaga kerja terdidik walaupun dalam jangka pendek, adanya peluang merekrut pekerja baru atau mitra bisnis dimasa mendatang,  memberikan akses terhadap informasi dan teknologi, mempererat hubungan UKM dengan dunia kampus, terbantunya permasalahan usaha UKM karena adanya transfer of knowledge.

  1. Bagi perguruan tinggi
Memungkinkan penyesuaian kurikulum yang lebih aplikatif pada dunia usaha, menghasilkan wirausaha- wirausaha muda pencipta lapangan kerja dan calon pengusaha sukses masa depan, mempererat hubungan dunia akademis dan dunia usaha, penguatan kelembagaan PT dalam pengembangan Kewirausahaanan.

1.4       Mekanisme Pelaksanaan

Pelaksanaan PMW di Universitas Malikussaleh berada di bawah tanggungjawab Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan secara operasional dilaksanakan oleh Bagian kemahasiswaan Universitas Malikussaleh. Untuk memudahkan pelaksanaan, PMW melibatkan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (PD III) fakultas di lingkungan Universitas Malikussaleh. Selain itu, PMW secara sinergis juga melibatkan mitra praktisi bisnis yang terdiri dari unsur Usaha Kecil Menengah (UKM), asosiasi pengusaha, dan badan-badan pemerintah (seperti Dinas Koperasi dan UKM, dan Dinas Perijinan). Untuk jangka panjang pelaksanaan PMW akan dikoordinasikan oleh sebuah lembaga inkubator bisnis yang otonom. Namun karena lembaga tersebut belum berdiri maka periode ini akan diupayakan sebagai persiapan awal pendirian lembaga tersebut.

Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini adalah mahasiswa yang memenuhi syarat (persyaratan diuraikan pada pasal berikutnya). Kegiatan usaha dapat dilakukan individual maupun kelompok yang terdiri dari 3 sd. 5 orang mahasiswa. Jumlah modal kerja yang disediakan untuk pendirian dan kegiatan usaha maksimal Rp 8.000.000,00 (delapan juta rupiah) per mahasiswa. Dana Program Mahasiswa Wirausaha berupa pinjaman modal usaha yang digunakan secara bergulir untuk pengembangan unit bisnis mahasiswa. Pengguliran dana dilaksanakan setelah adanya penghimpunan dana yang berasal dari pengembalian dana pinjaman modal usaha yang dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha bagi mahasiswa berikutnya.
Tahapan pelaksanaan PMW Unimal 2011 sebagai berikut:
1.      Pelaksanaan kuliah umum sebagai sarana sosialisasi PMW dan pelatihan penyusunan business plan
2.      Penyusunan proposal business plan
3.      Seleksi proposal berupa seleksi administrative dan wawancara
4.      Workshop bagi peserta yang lulus
5.      Kegiatan magang ke usaha kecil menengah (dilaksanakan diluar agenda secara mandiri)
6.      Monev
7.      Seleksi akhir dan penentuan penerima bantuan PMW 2011
8.      Pelaksanaan usaha dan monitoring serta pelaporan

1.5       Bidang Usaha Yang Didanai

Bidang usaha yang akan didanai pada PMW Universitas Malikussaleh tahun 2011 ini adalah:

1.      Peternakan                                7. Pertanian
2.      Keteknikan                                8. Keanekaragaman Hewani dan Hayati
3.      Air                                             9. Konstruksi
4.      Energi                                      10. Pengemasan
5.      Kesehatan                               11. Dll.
6.      Konsultasi

1.6       Syarat peserta

  1. Mahasiswa aktif S1 yang telah menyelesaikan kuliah 4 semester atau minimal telah menempuh 80 SKS dan mahasiswa program diploma 3 yang telah menyelesaikan kuliah 3 semester atau minimal telah menempuh 60 SKS. (dibuktikan dengan menyerahkan foto copy Transkrip Nilai).
2.      Belum pernah memperoleh bantuan modal PMW yang didanai Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti baik individu maupun kelompok. Baik selaku ketua maupun anggota kelompok.
  1. Untuk proposal kelompok, anggota kelompok 3-5 orang, dapat dari satu program studi atau satu fakultas atau lintas fakultas.
  2. Total dana yang dikucurkan pada PMW tahun 2011 adalah Rp. 352.000.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Dua Juta Rupiah). Untuk usaha yang bersifat individu akan mendapat bantuan modal  kerja masimum 8 juta/orang, sedangkan untuk kelompok sesuai jumlah anggota kelompok maksimum  40 juta/kelompok.
  3. Sanggup mengikuti seluruh agenda kegiatan yang diselenggarakan.
  4. Menandatangani kontak kerja dan menyepakati klausul-klausul di dalamnya, termasuk kesediaan menabungkan dana hasil usaha, untuk digulirkan pada mahasiswa yang lain oleh pengelola agar keberlanjutan program terlaksana.
  5. Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul yang disetujui untuk didanai.
  6. Mengingat kompetisi untuk memenangkan dana PMW tahun 2011 ini sangat ketat maka seleksi sangat ditentukan oleh kualitas proposal rencana bisnis yang diajukan dan kemampuan mempresentasikan rencana usaha
  7. Usulan yang dinyatakan didanai akan diumumkan melalui papan pengumuman dan website Unimal http://www.unimal.ac.id

1.7       Bantuan Modal Usaha

Pembiayaan program berasal dari pemerintah melalui Direktorat Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi. Bantuan modal kerja untuk memulai bisnis besarnya maksimum Rp. 8 juta per mahasiswa atau kelompok yang terdiri dari 3-5 orang per kelompok dengan dana maksimum Rp. 40 juta per kelompok. Total dana yang disediakan untuk modal usaha PMW 2011 adalah Rp. 352.000.000,-. 

1.8       Komunikasi

Komunikasi untuk hal-hal yang kurang jelas dapat dilakukan langsung ke bagian kemahasiswaan Unimal

1.9       Rencana Jadwal Pelaksanaan

PMW tahun 2011 di Universitas Malikussaleh dilaksanakan dengan tahapan dan rencana jadwal waktu sebagai berikut:
a.      Tahap Persiapan dan Seleksi (Agustus – September 2011)
1.      Sosialisasi kegiatan (spanduk dan selebaran).... 10 Agustus – 10 Sept 2011
2.      Sosialisasi Tatap Muka (Kuliah Umum)....... 10 September 2011
3.      Pendaftaran dan Penyerahan Usulan Rencana Bisnis                                          12 – 19 September 2011
4.      Seleksi Tahap I (syarat dan format).................. 20 -21 September 2011
5.      Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I.................. 22 September 2011
6.      Seleksi Tahap II  (presentasi rencana bisnis)..... 23 – 27 September 2011
7.      Paripurna........................................................... 28 September 2011
8.      Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II................ 30 September 2011
b.      Tahap Pembekalan dan Seleksi Akhir (Oktober 2011)
1.      Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan . 05 - 06 Oktober 2011
2.      Pengajuan revisi business plan oleh peserta yang lulus seleksi tahap II               07 – 11 Oktober 2011
3.      Monev............................................................... 12 – 17 Oktober 2011
4.      Seleksi Tahap III (kelayakan berdasarkan pantauan faktual hasil Monitoring dan evaluasi)       18 – 20 Oktober 2011
5.      Pengumuman hasil seleksi akhir.................... 21 Oktober 2011
c.       Tahap Pelaksanaan (Oktober – Desember 2011)
1.      Penandatanganan Kontrak  .............................. 25 Oktober 2011
2.      Pencairan Dana Tahap I ................................... 26 Oktober 2011
3.      Pendirian usaha  baru ....................................... 27  November 2011
4.      Penyerahan Laporan Kemajuan Usaha ............ 30 November 2011
5.      Pendampingan ................................................. 27 Oktober – 30 Nov 2011
6.      Penyerahan Laporan Akhir............................... 01 Desember 2011
7.      Pencairan dana Tahap II ..................................  05 Desember 2011
8.      Monitoring dan Evaluasi program ................... Nov - Des 2011

1.10  Agenda Sosialisasi Tatap Muka

Agenda sosialisasi sebagai berikut:

Note: Seluruh calon peserta PMW, dosen pendamping, dan dosen reviewer wajib mengikuti acara sosialisasi

1.11  Agenda Diklat Kewirausahaan


Note: Seluruh peserta yang lulus Seleksi Tahap II wajib mengikuti Diklat

1.12  Magang

Lokasi perusahaan tempat magang ditentukan sendiri oleh peserta dan dilaporkan kepada panitia pada saat Diklat. Bagi peserta berkelompok, magang dapat dilakukan di tempat yang sama atau berbeda. Kriteria produsen (UKM) untuk tempat magang adalah:
1.      Usaha tersebut sudah berjalan minimal 1 tahun
2.      Bukan usaha yang bersifat musiman
3.      Memiliki tenaga kerja tetap diluar pemilik
4.      Lokasi UKM : Lhokseumawe dan Aceh Utara
5.      Usaha peserta PMW 2009 dan 2010 dapat dijadikan tempat magang

Kegiatan magang pada PMW 2011 ini tidak dijadwalkan khusus dalam agenda kegiatan. Kegiatan ini merupakan inisiatif dan partisipasi aktif mahasiswa sendiri yang dapat dilaksanakan pada rentang waktu selama 2011 ini. Selesai magang, peserta diwajibkan membuat Laporan Magang secara individu dengan kriteria sebagai berikut:
a.       Susunan laporan Magang:
-          Halaman depan
-          Lembar pengesahan
-          Isi Laporan
b.      Sistematika Isi Laporan (maksimum 3 halaman)
                 1. Pendahuluan (berkaitan dengan PMW)
                 - Latar Belakang
                 - Tujuan
2.      Gambaran Umum Lokasi Magang
                -    Identitas Perusahaan (nama perusahaan, alamat, telp,dll)
                -    Jenis/Ruang Lingkup Usaha
3.      Kegiatan/tugas Selama Magang
4.      Penutup
c.       Laporan dikumpulkan 18 Oktober 2011
d.      Laporan dikumpulkan sebanyak 3 (tiga) rangkap ( 1 asli + 2 fotokopi)
e.       Tidak perlu dijilid, kertas A4, font size 12, font type Times New Roman, 1,5 spasi.

1.13  Pihak yang Terlibat dan Peran Masing-masing

1.      Perguruan Tinggi, sebagai pengelola program, melakukan :
a.       Sosialisasi program kepada mahasiswa dan UKM
b.      Identifikasi dan seleksi mahasiswa dan UKM
c.       Kegiatan pembekalan kewirausahaan
d.      Kegiatan monitoring dan evaluasi program
e.       Pelaporan kegiatan
2.      Mahasiswa peserta PMW wajib:
a.       Mengikuti seleksi
b.      Mengikuti pembekalan/diklat
c.       Melaksanakan magang di UKM
d.      Menyusun rencana bisnis
e.       Mendirikan dan menjalankan usaha
f.       Menandatangani perjanjian dengan perguruan tinggi pelaksana untuk memberikan bantuan modal kerja bagi mahasiswa PMW
g.      Membuat laporan reguler mengenai perkembangan usaha
3.      Dosen Pembimbing:
a.       Mengikuti sosialiasi (penjelasan teknis dan penyusunan business plan)
b.      Mediasi antara UKM dan mahasiswa
c.       Monitoring dan evaluasi kegiatan mahasiswa
d.      Konsultasi mahasiswa
e.       Menandatangani Usulan Rencana Bisnis, Laporan Magang, dan Laporan Kemajuan Usaha.
f.       Dosen Pembimbing ditentukan oleh Mahasiswa peserta PMW dan diutamakan yang memahami mekanisme pelaksanaan kewirausahaan mahasiswa
4.      Pengusaha:
a.       Melakukan bimbingan dan pendampingan usaha secara praktis
b.      Memberikan saran-saran pengembangan usaha
5.      Pemerintah Daerah cq. dinas yang membidangi koperasi dan UKM:
a.       Memfasilitasi pelaksanaan PMW
b.      Membantu mahasiswa peserta PMW dalam memulai dan mengembangkan usaha baik dari segi teknis, manajemen, informasi pasar, perijinan, dsb.
c.       Memfasilitasi pengembangan jejaring bisnis

1.14  Tim Seleksi (Reviewer)

Tim seleksi proposal Rencana Bisnis Mahasiswa PMW bertugas melakukan seleksi Administrasi dan wawancara. Tim ini dipilih mewakili 5 fakultas dilingkungan Unimal sebanyak 2 orang per-fakultas dan selanjutnya di SK-kan melalui SK Rektor.

1.15  Indikator Keberhasilan Program

Keberhasilan program dapat dilihat dari beberapa indikator :
1.      Mahasiswa Wirausaha
a.       Memiliki pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan
b.      Memiliki sikap mental wirausaha
c.       Memiliki jejaring bisnis
2.      Unit Bisnis
a.       Meningkatnya  jangkauan pasar
b.      Dipertahankannya kelancaran cash flow
c.       Meningkatnya jumlah dan kualitas tenaga kerja
d.      Meningkatnya omzet dan asset
e.       Meningkatnya jumlah dan variasi inventori
3.      Perguruan Tinggi
a.       Jumlah mahasiswa yang terlibat di dalam PMW
b.      Jumlah mahasiswa wirausaha yang memulai bisnis
c.       Jumlah unit bisnis yang berhasil diciptakan
d.      Keberlanjutan program
e.       Jumlah pengusaha yang terlibat dan tingkat kepuasan mereka terhadap pelaksanaan PMW
f.       Efektifitas dan efisiensi penggunaan dana
g.      Eksistensi lembaga pengembangan pendidikan kewirausahaan

2         BAGIAN II

FORMAT USULAN PROPOSAL RENCANA BISNIS



Usulan Rencana Bisnis merupakan langkah awal bagi peserta dalam upaya memperebutkan bantuan dana usaha melalui PMW. Karena itu Usulan Rencana Bisnis hendaknya disusun dengan cermat dan memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan.

2.1       Syarat Pengajuan

Mahasiswa dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi dengan syarat sebagai berikut
a.       Telah terdaftar sebagai peserta.
b.      Mengikuti sosialisasi (penjelasan teknis pelaksanaan dan kuliah umum penyusunan Business Plan).
c.       Menyerahkan Usulan Rencana Bisnis  12 – 19 September 2011, selama jam kerja ke Bagian Kemahasiswaan Unimal
d.      Rencana bisnis dapat dilakukan secara individu atau kelompok (jumlah 3-5 orang). Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul.
e.       Usulan Rencana Bisnis disusun sesuai dengan format yang telah ditentukan dan dilengkapi sesuai petunjuk.
f.       Pada saat diserahkan, lembar pengesahan pada Usulan Rencana Bisnis harus sudah ditandatangani oleh pengusul/ketua tim dan pembimbing sesuai dengan nama pengusul/ketua tim berasal (lihat daftar nama pembimbing).
g.      Bagi yang lulus seleksi wajib mempresentasikan Usulan Rencana Bisnis dihadapan reviewer pada tanggal 23 – 27 September 2011. Dosen pembimbing diharuskan hadir pada saat presentasi.
h.      Usulan Rencana Bisnis yang lulus seleksi dan dinyatakan disetujui untuk didanai akan diumumkan pada tanggal 21 Oktober 2011 melalui papan pengumuman dan website www.unimal.ac.id

2.2       Tata Cara Penulisan

a.       Usulan Rencana Bisnis lengkap ditulis mengikuti sistematika penulisan sesuai kriteria yang tercantum dalam Panduan ini.
b.      Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tatabahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas.
c.       Usulan diketik di atas kertas HVS 70 gram, ukuran A4, menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12, jarak 1,5 spasi, dan terdiri dari maksimal 10 halaman (bagian utama). 
d.      Bagian awal usulan lengkap (halaman judul, lembar pengesahan, kata pengantar, dan daftar isi) dan diberi nomor halaman menggunakan angka Romawi kecil dan diketik di tengah-tengah (i, ii, dan seterusnya).
e.       Bagian utama (naskah usulan lengkap) diberi nomor halaman menggunakan angka Arab yang dimulai dengan halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan bawah.
f.       Bagian akhir tidak perlu diberi nomor halaman.
g.      Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka Arab.
h.      Gambar, baik dalam bentuk grafik maupun foto, diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar di tulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka Arab.
i.        Penyebutan sumber pustaka dalam naskah serta penulisan daftar pustaka (jika ada) hendaknya mengikuti aturan penulisan yang sama dengan aturan dalam penulisan usulan penelitian.

2.3       Penjilidan dan Susunan Usulan Rencana Bisnis

a.       Sampul menggunakan kertas bufalo warna coklat muda (tanpa lakban) cukup dijepit binder clip
b.      Usulan Rencana Bisnis terdiri atas 3 bagian dan disusun secara berurutan sebagai berikut:
-          Bagian Awal:
                  Halaman judul
                  Lembar Pengesahan
                  Kata pengantar
                  Daftar Isi
-          Bagian Utama (sesuai sistematika)
-          Bagian Akhir
                  Daftar Riwayat Hidup Pengusul
                  Transkip Nilai seluruh anggota pengusul
                  Daftar Riwayat Hidup Pembimbing
                  Transkrip Akademik Pengusul
                  Pernyataan Sanggup
                  Pernyataan Belum Pernah Menerima Bantuan Modal PMW
                  Kesediaan kerjasama dari UKM
                  Persetujuan orang tua

2.4       Sistematika Bagian Utama

I.       Pendahuluan (analisis situasi/latar belakang)
II.     Rencana Bisnis
                  2.1    Deskripsi Usaha
                  -     Bidang Usaha
                  -     Jenis produk (barang/jasa)
                  -     Kegunaan, keunggulan, keunikan
                  -     Lokasi Usaha
                  -     Waktu (untuk satu siklus usaha)                                            
                  -     Dampak usaha terhadap lingkungan (ekonomi, sosial, dan                                                    budaya)
                  -     Risiko Bisnis
                  2.2    Rencana Pemasaran
                  -     Target konsumen
                  -     Wilayah pemasaran
                  -     Situasi Persaingan
                  -     Jumlah dan harga produk
                    2.3   Rencana Produksi
                  -     Bahan baku
                  -     Alat/teknologi
                  -     Proses produksi
                  -     Kapasitas produksi
                    2.4   Rencana Manajemen
                  -     Bentuk Usaha
                  -     Struktur Organisasi
                  -     Jumlah Tenaga Kerja
                  -     Rencana UKM Mitra
                    2.5   Rencana Keuangan (untuk 1 siklus usaha)
                  -     Kebutuhan investasi dan modal kerja
                  -     Rencana Laba/Rugi (total Pendapatan dikurangi total biaya)
                  -     Benefit/Cost Rasio
                 
III.    Penutup (keyakinan dan harapan)
IV.    Daftar Pustaka

2.5       Seleksi Usulan Rencana Bisnis


A.    Seleksi Tahap I (Seleksi Administratif), meliputi :
1.      Status mahasiswa [sks, semester]
2.      Review business plan :
a.       Format,
b.      Jumlah dana,
c.       Jangka waktu BEP
d.      Kelengkapan lampiran
B. Seleksi Tahap II, diikuti oleh peserta yang lolos pada seleksi administratif, yaitu wawancara dengan Tim internal dan eksternal Unimal. Usulan Rencana Bisnis dipresentasikan dan diseleksi oleh tim reviewer yang terdiri dari unsur akademisi, pengusaha, dan perbankan. Kriteria penilaian sebagai berikut :
-    Invenasi/inovasi teknologi (25%)
-    Potensi komersialisasi (25%)
-    Manfaat ekonomi dan sosial budaya (20%)
-    Dampak terhadap lingkungan (15%)
-    Keaslian dan kebaruan (15%)

C.     Seleksi Tahap III, diikuti oleh peserta yang lolos pada seleksi tahap I dan tahap II. Seleksi tahap III dilakukan setelah panitia seleksi melakukan monitoring dan evaluasi ke lapangan. Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah kebenaran data-data rencana usaha dengan kondisi factual di lapangan, besar dana yang akan diluncurkan berdasarkan kondisi sebenarnya dan keberadaan mitra UKM

2.6       Jaminan Kerahasiaan

Seluruh Usulan Rencana Bisnis akan disimpan oleh panitia sebagai dokumen pertanggungjawaban pelaksanaan PMW dan dijamin kerahasiannya untuk menghindari penjiplakan ide, kecuali telah dipublikasikan sendiri oleh pengusulnya kepada khalayak seperti melalui seminar, pameran, publikasi dokumen, pendaftaran paten, produksi pemasaran atau cara lain.

2.7       Lain-lain

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam Usulan Rencana Bisnis adalah:
a.       Judul Usulan Rencana Bisnis
      Judul hendaklah dibuat singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas menggambarkan kegiatan kewirausahaan yang prospektif.
b.       Lokasi
      Lokasi menunjukkan tempat dimana kegiatan usaha tersebut akan dilakukan. Apabila membuka cabang di beberapa tempat, hendaklah disebutkan tempat utama yang menjadi pusat usaha.
c.        Waktu
      Waktu harus menggambarkan satu siklus usaha sejak dihasilkannya produk, promosi, penjualan, dan penerimaan uang). Waktu dibuat dalam satuan minggu atau bulan tanpa menyebutkan nama bulannya (cukup bulan I, Bulan II, dst seluruhnya sekitar 6 bulan).

Demikian panduan ini disusun sebagai acuan umum bagi mahasiswa peserta, mitra pengusaha dan perbankan, pendamping/pembimbing/mentor, serta panitia pelaksana.









































USULAN RENCANA BISNIS
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA





JUDUL









Diajukan Oleh


         Ketua Pelaksana :..................................................................
         Anggota 1          :.................................................................
         Anggota 2          :..................................................................
         Anggota 3          :..................................................................
                    




UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
2011





LEMBAR  PENGESAHAN
USULAN RENCANA BISNIS PMW UNIMAL 2011



1.  Bidang Usaha : (centang pada kolom yang sesuai)
          Pariwisata Budaya               Pertanian
          Keteknikan                           Keanekaragaman Hayati
          Air                                        Konstruksi
          Energi                                   Pengemasan
          Kesehatan
          Lain-lain.............              

2.  Judul Usulan Rencana Bisnis      :

3.  Ketua Pelakasana                        :
Nama                                           :
NIM                                                        :
Jurusan/ Fakultas                         :
Alamat / No. Telpon/ hp             :

4.  Anggota                                      :  ...... orang

5.  Usulan Modal Kerja                    : Rp.................. (.......................)

6.  Jangka Waktu Pelaksanaan         : 3 (Tiga) bulan




                                                                                    Lhokseumawe, ..................
Menyetujui,
Dosen Pendamping                                              Ketua Pelaksana Kegiatan

Ttd                                                                       ttd

.................................                                            ...............................
NIP.                                                                     NIM






BIODATA KETUA/ANGGOTA TIM*)

           
1.      Nama Lengkap                              : ...............................................................
2.      NIM                                              : ...............................................................
3.      Semester                                        : ...............................................................
4.      Jurusan/Prodi                                : ...............................................................
5.      Fakultas                                         : ...............................................................
6.      Riwayat  Pendidikan
No
Jenjang
Nama Sekolah
Tempat(kab)
Jurusan
Tahun lulus
1
SD




2
SLTP




3
SLTA




4
PT





1.      Prestasi yang Pernah Diraih
a.  ...............................................................
b.  ...............................................................
dst.
2.      Pengalaman Kegiatan Kewirausahaan
a.  ...............................................................
b.  ...............................................................
dst.
3.      Pengalaman Kegiatan Ekstrakurikuler
a.  ...............................................................
b.  ...............................................................
dst.
4.      Pengalaman Kegiatan
a.  ...............................................................
b.  ...............................................................
dst.
                                                                        Lhokseumawe, ............................
                                                                        Mahasiswa,


                                                                        .....................................
                                                                        NIM. ...........................

                                               

































 

































BIODATA PEMBIMBING

           
1.      Nama Lengkap                              : ...............................................................
2.      NIP                                               : ...............................................................
3.      Pangkat, gol                                  : ...............................................................
4.      Jabatan                                                      : ..............................................................
5.      Jurusan/Prodi                                : ...............................................................
6.      Fakultas                                         : ...............................................................
7.      Riwayat  Pendidikan

No
Jenjang
Nama Sekolah
Tempat(kab)
Jurusan
Tahun lulus
1
SD




2
SLTP




3
SLTA




4
PT





8.      Prestasi yang Pernah Diraih
a.       ...............................................................
b.      ...............................................................
      dst.
9.      Pengalaman Kegiatan Kewirausahaan
a.       ...............................................................
b.      ...............................................................
      dst.
10.  Pengalaman Kegiatan Ekstrakurikuler
a.       ...............................................................
b.      ...............................................................
dst.
11.  Pengalaman Kegiatan
a.  ...............................................................
b.  ...............................................................
dst.
                                                                        Lhokseumawe, ............................
                                                                        Dosen,


                                                                        .....................................
                                                                        NIP. ...........................

                                               

































 



































SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN BEKERJASAMA


Yang bertanda tangan di bawah ini saya,
            Nama lengkap             : .............................
            Jabatan dalam UKM   : .............................
            Nama UKM                : .............................
            Bidang Usaha UKM   : .............................
            Alamat UKM              : .............................
            No. Telpon/HP            : .............................
Atas nama perusahaan, saya menyatakan bersedia menjalin kerjasama dengan kelompok Kewirausahaan Mahasiswa dari Unimal,
            Nama lengkap ketua               : .............................
            NIM                                        : .............................
            Jurusan/Prodi                          : .............................
            Fakultas                                   : .............................
            Judul Usaha                            : .............................
            Alamat Lokasi Usaha              : ............................
            Alamat rumah                         : .............................
            No. Telpon/HP                        : .............................
            Nama Dosen Pembimbing      : .............................
            No. Telpon/HP                        : ............................
            Alamat Dosen Pembimbing    : ............................

Demikian surat ini saya buat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                    .................,................
                                                                                    Pimpinan Perusahaan .......
                                                                                   

                                                                                    (.........................................)


 


































SURAT PERSETUJUAN ORANG TUA/WALI


Yang bertanda tangan di bawah ini saya,
            Nama lengkap             : .............................
            Umur                           : .............................
            Pekerjaan                     : .............................
            Alamat                                    : .............................
            Telpon                         : .............................
           
Orang tua/Wali dari mahasiswa :
            Nama lengkap                         : .............................
            NIM                                        : .............................
            Jurusan/Prodi                          : .............................
            Fakultas                                   : .............................
            Judul Usaha                            : .............................
            Alamat Lokasi Usaha              : ............................
            Alamat rumah                         : .............................
            No. Telpon/HP                        : .............................
            Nama Dosen Pembimbing      : .............................
            No. Telpon/HP                        : ............................
            Alamat Dosen Pembimbing    : ............................

Memberikan persetujuan kepada anak saya tersebut di atas, untuk mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha Unimal.

Demikian surat ini saya buat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.



                                                                                    Lhokseumawe,....................
                                                                                    Orang tua/Wali mahasiswa,
                                                                                   

                                                                                    (.........................................)


 

































SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENABUNGKAN
DANA HASIL USAHA


Yang bertanda tangan di bawah ini, peserta Program Mahasiswa Wirausaha Unimal,

1. Ketua
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :
Nama Dosen Pembimbing            :

2. Anggota 1
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

3. Anggota 2
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

4. Anggota 3
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
                                      


                                                     .......................              .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
 
































Meterai
Rp.6000,
                                               
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

5. Anggota 4
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

Judul Usaha                                        :
Alamat Lokasi Usaha                          :


Dengan ini menyatakan sanggup menabungkan dana hasil usaha pada Program Mahasiswa Wirausaha Unimal, dengan cara sebagai berikut :
1.      Jumlah modal usaha yang diterima                       : Rp.......................
2.      Besar angsuran  tabungan                                     : Rp...........selama ....... kali,
      terhitung mulai tanggal ..................

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan kesadaran penuh dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Jika kami melanggar pernyataan ini kami bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh universitas.

                                                                                    Lhokseumawe .....................
                                                                                    Yang membuat pernyataan,

                                                      Tanda tangan                                Nama terang

                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
 













































PERNYATAAN SANGGUP


Yang bertandatangan di bawah ini
            Nama               :
            NIM                :
            Jurusan            :
            Fakultas           :
            Jabatan Dalam Tim                 :
            Judul Usulan Rencana Bisnis  :

Dengan ini menyatakan sanggup menandatangani surat perjanjian kerjasama (kontrak) dan mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku, serta tidak akan mengundurkan diri, apabila usulan rencana bisnis yang diajukan dinyatakan lulus seleksi.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan bilamana perlu.


                                                                        Lhokseumawe,
                                                                        Yang membuat pernyataan,

                                                                        Meterai Rp. 6.000

                                                                        .....................................................




Note: Pernyataan sanggup hanya dibuat oleh ketua tim














PERNYATAAN BELUM PERNAH
MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA PMW


Yang bertandatangan di bawah ini
            Nama               :
            NIM                :
            Jurusan            :
            Fakultas           :
            Jabatan Dalam Tim                 :
            Judul Usulan Rencana Bisnis  :

Dengan ini menyatakan bahwa tim kami (ketua beserta seluruh anggota) belum pernah menerima bantuan modal PMW yang didanai Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan bilamana perlu.


                                                                        Lhokseumawe,
                                                                        Yang membuat pernyataan,

                                                                        Meterai Rp. 6.000

                                                                        .....................................................





Note: Pernyataan belum pernah menerima modal PMW  hanya dibuat oleh ketua tim







A. Rencana Anggaran Biaya
No
Jenis Anggaran
Jumlah (Rp)
UNIMAL
Kredit usaha
Sumber lain
Subtotal
1.
Modal investasi
a. Sarana prasarana
    1)…………………
    2)…………………
    dst
b. Peralatan
    1)…………………
    2)…………………
    Dst




2.
Modal kerja
a. Bahan baku
    1). …………………
    2). …………………
     dst
b. Gaji karyawan
    1)…………………..
    2)…………………..
     dst
c. Operasional
    1)…………………..
    2)…………………..
    Dst




3.
Lain-lain
a. Honorarium pembimbing
b. Penyusunan laporan




Total


B. Prakiraan Profit
No
Jenis Produk/Jasa
Jumlah
Harga Pokok
Harga Jual
Profit*)










Total Profit

*) Penentuan harga jual disesuaikan dengan kelayakan sesuai harga pasar
C. Saldo Akhir
     1. Saldo akhir = B – A   : .........................
     2. Untuk Cicilan Utang : ..........................
     3. Untuk investasi           : .........................





SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENABUNGKAN
DANA HASIL USAHA


Yang bertanda tangan di bawah ini, peserta Program Mahasiswa Wirausaha Unimal,

1. Ketua
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :
Nama Dosen Pembimbing            :

2. Anggota 1
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

3. Anggota 2
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

4. Anggota 3
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
                                      


                                                     .......................              .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
 
































Meterai
Rp.6000,
                                               
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

5. Anggota 4
Nama lengkap                               :
NIM                                              :
Jurusan                                          :
Prodi                                             :
Fakultas                                         :
No. Telp/HP                                  :
Nama orangtua                              :
Alamat orangtua                           :

Judul Usaha                                        :
Alamat Lokasi Usaha                          :


Dengan ini menyatakan sanggup menabungkan dana hasil usaha pada Program Mahasiswa Wirausaha Unimal, dengan cara sebagai berikut :
3.      Jumlah modal usaha yang diterima                       : Rp.......................
4.      Besar angsuran  tabungan                                     : Rp...........selama ....... kali,
      terhitung mulai tanggal ..................

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan kesadaran penuh dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Jika kami melanggar pernyataan ini kami bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh universitas.

                                                                                    Lhokseumawe .....................
                                                                                    Yang membuat pernyataan,

                                                      Tanda tangan                                Nama terang

                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
                                                     .......................                    .................................
 

































FORMAT PROGRESS REPORT

LAPORAN KEMAJUAN

A. Pelaksana
Identitas
Ketua
Anggota I
Anggota II
Anggota III
Anggoa IV
Nama lengkap





NIM





Jurusan





Prodi





Fakultas





No. Telp/HP





Nama Dosen Pembimbing

Judul Usaha

Alamat Lokasi Usaha


B. Produk
Jenis Produk
( Barang/Jasa)
Spesifikasi Produk
Kapasitas Produksi
(unit/bln)
Omzet sekarang
(unit)








C. Pemasaran
No
Komponen
Rencana
Pelaksanaan
1.
Lokasi usaha


2.
Jumlah tenaga kerja


3.
Sasaran pemasaran


4.
Kesuksesan pemasaran



D. Manajemen
No
Komponen
Rencana
Pelaksanaan
1.
Besar Modal investasi


2.
Modal kerja


3.
Jumlah pendapatan


4.
Jumlah profit



B. Kendala/Permasalahan
Kendala/Permasalahan

Spesifikasi Produk






NB : Dilampirkan Laporan Keuangan                                                                                                                                                       Lhokseumawe, .......................
                                                                                                                Ketua,
             

                                                                                                                (............................................)
 































Contoh Sampul Depan Laporan Magang



LAPORAN MAGANG
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
















         Nama Mahasiswa                 :     ..................................................................
         NIM                                     :     .................................................................
         Fakultas/PS                          :     ..................................................................
         Jurusan                                 :     ..................................................................
                    





UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
2011





LEMBAR  PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG PMW UNIMAL 2011



Nama                             :     ...................................................................................
NIM                              :     ...................................................................................
Jurusan/ Fakultas           :     ...................................................................................
Judul Rencana Bisnis    :     ...................................................................................
Lokasi Magang
    Nama Perusahaan      :     ...................................................................................
    Alamat                     :     ...................................................................................
    Telp/Fax                    :    ...................................................................................
Waktu Magang           :     ........................................ s/d ....................................




                                                                                    Lhokseumawe, ..................
Mengetahui,
Perusahaan                                                           Pembimbing/Pendamping

Ttd dan stempel                                                   ttd


Nama___________________                              Nama___________________
Jabatan                                                                 NIP














0 komentar:

Posting Komentar