Drainase Perkotaan

Drainase perkotaan merupakan salah satu sistem pengeringan dan pengaliran air dari wilayah perkotaan yang meliputi kawasan pemukiman, industri dan perdagangan, sekolah, rumah sakit, lapangan olah raga, lapangan parkir dan berbagai fasiliatas umum lainnya yang merupakan bagian dari sarana perkotaan. Desain drainase perkotaan memiliki keterkaitan dengan tata guna lahan dan tata ruang kota.

Drainase merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk menangani persoalan kelebihan air yang berada diatas permukaan tanah maupun air yang berada dibawah permukaan tanah. Kelebihan air disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi atau pun akibat durasi hujan yang lama. Drainase sangat berfungsi dalam menangani masalah banjir, perencanaan saluran drainase yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan akan sangat berpengaruh dalam menanggulangi banjir.

Banjir merupakan kejadian yang hampir tiap tahun melanda daerah-daerah Indonesia, contoh kecil bisa dilihat kota lhokseumawe yang hampir setiap tahun dilanda banjir. Penyebab utama banjir adalah tidak tertampungnya debit air oleh saluran sehingga terjadi penyumbatan pada hilir pembuang. Ini merupakan masalah yang perlu ditanggani dengan serius dan salah satu penanganannya melalui perencanaan drainase yang seoptimal mungkin. Drainase yang cocok untuk sebuah perkotaan adalah drainase multi purpose, yaitu saluran yang berfungsi mengalirkan lebih dari satu air buangan baik secara bercampur maupun bergantian.

0 komentar:

Posting Komentar