Pengertian Perencanaan Geometrik Jalan Raya

Pengertian Perencanaan Geometrik Jalan Raya


Perencanaan geometrik jalan raya merupakan bagian perencanaan jalan yang dititik beratkan pada bentuk fisik, sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yaitu memberikan pelayanan yang optimum pada arus lalu lintas dan sebagai aksesibilitas dari daerah asal dan tujuan.

Adapun mengingat fungsi dasar dari jalan yang sangat penting yaitu memberikan pelayanan kepada pengguna jalan yang optimal maka diperlukan perencanaan jalan yang memadai, salah satunya adalah perencanaan geometric jalan. Dengan perencanaan geometrik yang optimal akan menghasilkan infrastruktur yang nyaman, efisien pelayanan arus lalu lintas dan memaksimalkan rasio penggunaan / biaya pelaksanaan ruang.

Dalam perencanaan geometrik jalan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal didasarkan pada sifat gerakan dan ukuran kendaraan sifat pengemudi dalam mengendalikan kendaraan dan karakteristik arus lalu lintas.

Jalan merupakan faktor yang sangat penting dalam pembangunan, maka jalan mempunyai arti penting bagi laju pertumbuhan suatu daerah sehingga dengan tersedianya jalan yang baik pembangunan lainnya dapat menunjang. Maksud dan tujuan pembangunan jalan adalah untuk menerobos daerah yang terisolir sehingga hubungan antar daerahdapat terjadi dan akhirnya masyarakat di daerah sekitarnya meningkat.

Untuk sebagai proses kesuksesannya perlu ditinjau sejauh mana tingkat pelayanan masyarakat saat ini, karena semau itu demi untuk kita semua.

Perencanaan Geometrik Jalan Raya ini meliputi perhitungan trase jalan, penampang melintang, jarak pandangan henti, alinemen horizontal, alinemen vertical, saluran atau drainase dan pekerjaan tanah.

Tujuan Perencanaan Geometrik Jalan Raya

Tujuan dari penulisan Perencanaan Geometrik Jalan Raya ini adalah untuk mengetahui masalah-masalah yang timbul dalam membuat perencanaan geometrik jalan raya dan dapat mencari pemecahannya, sehingga mendapatkan suatu jalur atau rute yang baik dan aman bagi pengemudi kendaraan.

0 komentar:

Posting Komentar